Rabu, 02 Oktober 2013

Psi & Teknologi Internet (Nettiquette Flamming, Trolling, Jungking)



Pengertian Nettiquette
Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka. 

Fungsi
Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket. 
Manfaat
Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak. 

Fitur
Fitur dari netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi kelompok, seperti email massal. 

Identifikasi
Bila pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.

1. Apa itu FLAMING?
FLAMING adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.
2. Apa itu JUNGKING?
JUNK adalah kata kata yang tidak berguna untuk di post. Apalagi niatnya cuma buat menambahkan jumlah post. Contoh dari kata-kata JUNK:
- Troopers A: bla bla bla
- Troopers B: ga tau
- Troopers C: ??????
- Troopers D: thanks untuk info < Contoh bukan junk >

3. Apa itu TROLLING ?
Trolling diartikan sebagai kegiatan memposting tulisan atau pesan menghasut dan seringkali tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online seperti forum, chatting, blog, atau juga social network. Tujuan dari trolling ini adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya. Dalam dunia internet, pelaku trolling ini disebut troller.

Contoh kasus pelanggaran nettiquette
Siapa yang tidak tau forum terbuka topix.com. Forum ini sangat terbuka bagi umum tanpa harus registrasi sekalipun bisa ambil andil untuk ikut didalam arus percakapan didalamnya. Forum ini juga menyediakan link khusus setiap negara sebut saja Indonesia dan Malaysia. Tidak tanggung-tanggung sublink juga meliputi nama kota dalam sebuah negara… namun ada keanehan disini. Tanpa harus kapan berawal hijrahnya forumer Indonesia ke sub Link Forum Malaysia. Seakan menjadikan Forum yang dikhususkan bagi pengguna Malaysia ini menjadi Rasa Indonesia.
Dapat dipastikan bahwa dimulai hijrahnya forumer Indonesia (forindo) sejak kontraversi Panas dua Negara mulai dari kisruh Sipadan dan Ligitan hingga Ambalat. Forindo beranggapan bahwa negara tersebut telah bersikap arogan dan slalu mencari-cari sumber kekayaan untuk menutupi Hutang negaranya yang jumlah besar dan sebagai aset kekayaan jangka Panjang… Disusul dengan kisruh masalah Budaya, bahasa dan hal-hal sensitive lainnya yang bisa memicu keteganggan. Lagi-lagi forindo beranggapan arogansi negara tersebut sangat keterlaluan dan melakukan tindakan sepihak tanpa memandang Indonesia. Dari peristiwa-peristiwa tersebut maka munculah ambisius pengguna social media dari kalangan anak Indonesia yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan menyerbu dan menteror negeri jiran tersebut sesuai style masing-masing. sebut saja blogger, facebooker, tweeter, forumer hingga cracker. Seakan berpacu meneror situs jejaring media dimalaysia mulai dari deface hingga penyerbuan di Linkklink forum… Dan ribuan artikel anti malaysia baik media blogging hingga media social lainnya..

Kutipan percakapan forum Indonesia Malaysia :
jack Sabtu, 1 Desember 2012, 12:36
Malon ngara tak punya harga diri gan...ntar setelah lo bakar bendera indonesa gw akan bakar orangnya yang ngebakar tuh bendera ye liat aja nanti..malaysia anjing budak inggris
harry Jumat, 30 November 2012, 20:19
terus maju TIMNAS INDONESIA !!! Biarkan anjing menggonggong timpuk dengan semangat tuk gapai prestasi. maklum malaysia LEKONG jd mulutnya Emmberr... sirik tanda tak mampu
owen Jumat, 30 November 2012, 14:13
Garudaku acak acak smua isi perut harimau malaya dngan cakarmu ambil ususnya kasih anjing
renal Jumat, 30 November 2012, 10:41
Biarkan saja malingsya mencuri dan menghina NEGARA INDONESIA yg penting kita sbagai Bangsa Bangga klo kita kaya segala-galanya dari budaya, pulau, bahasa dan agama gak ky malingsiya (malaysia) krjanya cuma mencuri dan iri. Kita jng seprti Jionis israel biarkan malingsiya yg sprti israel.
Ana Jumat, 30 November 2012, 10:40
Kok ea bangga dan sok malaysia itu ea,,,jadi negara pencuri kebudayaan negara lain masih kepala besar.
Maju terus TIMNAS anggap aja itu sikap anjing yg selalu menjilat tuannya supaya di beri SISA makanan ; ) Allah selalu bersama hamba yg trdhzolimi
I Love TIMNAS forever cay yow,,,,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar